Masa Pra Sejarah

 18 November 2022

ngomongin peralatan dari tanah liat
 
jadi inget
 
beberapa hari yg lalu
aku ngajari ketiga anakku pelajaran IPS
(anak homeschooling ya mereka, jadi suka2 aku mo ngajari apa, muehehehehe)
 
sampailah di materi masa pra sejarah
nah dari sini aku bisa jelasin bahwa jaman dulu berbeda sekali dg jaman skrg, blm ada listrik, hidup dalam gua, berpindah2 untuk mencari makan demi bertahan hidup, peralatan hidup jg dari batu
 
sekalian mengajak mereka bersyukur bahwa jaman skrg sudah ada listrik, ada lampu, air pun tersedia, krn pake pompa listrik, anak lanang nyeletuk “bahan makanan byk dijual ya mik tinggal milih”
 
naaah, jadi byk mensyukuri dg kemudahan2 yg Allah berikan
 
kalo mikirin susahnya hidup trs bakalan ruwet di pikiran. tapi kalo kita berpikir, kita doa dan usaha, minta Allah mudahkan, pasti ada jalan
 
ilmu tauhid diajarkan sekalian di setiap bagian pengajaran ke anak, supaya mereka belajar bergantung pada Allah, mau berjuang, menghargai sesama manusia
 
krn bapak dulu mengajari nilai hidup jg dari percakapan
 
bapak dulu setiap percakapan diselipi “Rasulullah begini, Rasulullah begitu, dalam islam hukumnya begini begitu”
 
jadi aku terbiasa menceritakan hal yg sama pada ketiga anakku
 
dan kalo anda ngerasa kesulitan ngajari dan mendidik anak, selamat, anda ga sendiri 😂
 
krn jelas perjalanan mendidik anak itu berat, kisanak
jare sopo gampang
 
nek gampang, hadiah e payung cantik, bukan pahala di akherat 🤣
 
yuk yuk trs mensabarkan diri, berat pasti, nek wes ngunu leren sek, ambegan sek, turu2 sek, ngeteh2 sek, moco2 koran sek (eh, wes ga usum yo 🤣) moco Qur’an ae nek ngunu
 

 

0 comments: