MATERI 3

Bismillah

melanjutkan materi tentang defisit kalori kemarin ya
kemarin saya menjelaskan
bila saya defisit kalori 150 per hari
maka perkiraan lemak akan berkurang 1 kg setelah 51 hari

lama ya?
nah, kalau pengen lebih cepet, berarti kan defisit kalorinya harus lebih besar

lalu bagaimana supaya defisit kalorinya makin besar?saya akan tinggikan TDEE
yang tadinya sedentary (tanpa olahraga) 1600 kalori
menjadi light exercise (TDEE dengan olahraga) yaitu 1800 kalori
(kalau bingung lihat lagi materi pertama ya)

jika TDEE saya light exercise yaitu 1800 kalori
berarti 1800-1450 = 350 kalori
defisit kalori saya 350 kalori/hari

bila dihitung lagi
7700 : 350 = 22 hari
jadi, jika saya tinggikan TDEE dengan berolahraga
defisit kalori saya mencapai sekitar 350 kalori/hari
dalam kurun waktu 22 hari BB saya turun 1 kg
wow, lebih cepat ya dibandingkan 51 hari ^^

itulah mengapa untuk meninggikan TDEE adalah dengan berolahraga

mengapa?
karena semakin tinggi metabolisme seseorang, maka akan lebih banyak membakar kalori

“Faktanya, orang dengan metabolisme tubuh lebih tinggi cenderung terus membakar kalori, bahkan setelah selesai berolahraga.”
(mengutip artikel di situs web fitnessfirst.co.id)

jadi, jangan memotong kalori dari BMR ya bila ingin defisit kalori
tapi tinggikanlah TDEE
yaitu tingkatkan aktivitas yang tadinya mager jadi rutin berolahraga

jam tidur yang cukup juga membantu meningkatkan metabolisme loh

jadi aturlah jam tidur sebaik mungkin ya ^^

btw gambaran mengenai defisit kalori dan lamanya BB turun tersebut merupakan estimasi ya,
bisa terdapat perbedaan tergantung dari situasi, kondisi dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi

mengapa saya jelaskan mengenai defisit kalori?
supaya anda bisa tahu cara menurunkan berat badan yang baik itu bagaimana

bila masih ada yang bingung harus makan berapa kalori, bila anda punya aplikasi Fat Secret, coba masuk ke bagian ini :

more (lagi) -> settings (pengaturan) -> AKG (RDI) -> recalculate (hitung ulang) -> activity level (tingkat aktivitas) -> sedentary (jarang sekali)

nanti muncul RDI (AKG) yg harus anda penuhi
kenapa saya minta setting di sedentary (jarang sekali), krn di saat anda tidak olahraga, supaya masih bisa defisit kalori

karena seringkali yang terjadi
orang memilih activity level (tingkat aktivitas) nya active (aktif) padahal dia tidak berolahraga

sehingga yang terjadi bukan defisit kalori
tetapi maintenance atau bahkan bisa surplus kalori
jadi tak heran kalau BBnya tak kunjung turun karena tidak terjadi defisit kalori

bagaimana
sejauh ini sudah sampai MATERI 3
apakah ada yg masih bingung?
bila masih bingung, coba baca pelan-pelan mulai dari MATERI 1, 2, 3, karena memang saya buat secara berkesinambungan supaya mudah dipahami secara pelan-pelan ^^

nantikan materi selanjutnya di MATERI 4 ya ^^

sumber rujukan :
alodokter.com
fitnessfirst.co.id

0 comments: