Sunscreen

sekarang saya mau bahas sunscreen

apa tahapan terakhir dari CTMP?
protect, okay correct 😉
kita memprotect kulit menggunakan sunscreen

memprotect dari apa?
dari paparan sinar UVA dan UVB
sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam,
terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn)

efek jangka pendek paparan sinar UV adalah, sunburn, kulit gelap, kulit kusam.
sedangkan efek jangka panjangnya adalah, penuaan, kulit keriput, kulit kendur, muncul flek

sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya sunscreen ^^

lalu, bagaimana pemakaian sunscreen yg benar?

pertama, untuk hasil yang efektif sebaiknya sunscreen digunakan pada kulit yang lembap, mengoleskan sunscreen pada kulit yang kering justru akan membuat kulit lebih mudah terbakar matahari. oleh krn itu, penting untuk selalu menggunakan moisturizer sebelum memakai sunscren agar hasilnya optimal (seperti tahapan CTMP tadi ya 😉)

kedua, sunscreen membutuhkan waktu 20-30 menit agar bisa diserap oleh kulit dan bekerja secara efektif. jika anda mengoleskan sunscreen kemudian langsung pergi keluar, hasilnya akan menjadi kurang efektif dalam menangkis dampak buruk sinar UV. selalu gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah agar hasilnya efektif.

ketiga, mungkin anda pernah membaca informasi tentang daya tahan SPF pada sunscreen. semakin tinggi kandungan SPF dalam sunscreen, maka semakin lama pula daya tahannya. namun perlu diperhatikan bahwa saat beraktivitas tentu anda akan berkeringat, sehingga sunscreen yang sudah anda oleskan akan ikut luntur dan kulit jadi rentan terhadap sinar matahari. oleh karena itu, selalu oleskan kembali sunscreen pada wajah, kaki, dan tangan setiap 2-3 jam untuk hasil efektif.

keempat, untuk mendapatkan manfaat sunscreen secara optimal, gunakan sunscreen dalam jumlah yang pas. banyak orang menggunakan sunscreen secara tipis-tipis, tapi jika terlalu tipis tentu akan kurang efektif dalam melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

kelima, setelah menggunakan moisturizer, ambil sunscreen dengan ujung jari dan tempatkan titik-titik pada 5 daerah: dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. hindari mengusap-usapkan sunscreen, tapi ratakan dengan gerakan menepuk-nepuk menggunakan ketiga ujung jari (jari telunjuk, tengah, dan manis) hingga rata. Bayangkan saja seperti menepuk-nepukkan puff bedak pada pipi

alhamdulillah pembahasan mengenai sunscreen selesai, insyaaAllah menambah ilmu lagi tentang sunscreen ya ^^


0 comments: