Kisahku dengan Rumah Eyang part 2

 
karena ada permintaan buat gambar denahnya
baeklah aku gambar ya
 
 

 
 
mulai dari depan ya, jadi ada 2 warung, warung soto & nasgor, sama warung rujak & kolak. mereka sewa tempat di pelataran depan, tapi eyang oma hanya menarik bayaran seikhlasnya, 3 mobil di kanan itu mobil orang2 yg sewa parkir di pelataran rumah, kalo mobil 1 kiri itu, seingetku sewa parkir di pelatarannya tetangga. nah sumur depan tuh, kadang aku nimba air di situ, aku siram tanahnya biar basah, biar debu ga beteebangan, niru mbak tutik warung soto hehe. jadi aku mainnya kadang ke mbak tutik, kdg bantuin giling bumbu, ato ngambilin tulang2 ayam aku krikiti wkwk. oiya aku gambar di buku strimin biar memudahkan buat paham ya, jadi 1 kotak itu ukuran 1 meter. oke, lanjut
 
ruang tamu, jaman aku SD pernah disewa jadi kantor perusahaan semprot rayap, pimpinannya baik bgt, pas aku diajarin eyang oma bikin bonsai di pot kecil2, eyang oma yg nawarkan ke pak totok itu, trs dibeli, uangnya dikasihkan ke aku. oiya ruang tamu itu saksi bisu tempat dmn eyang oma “memaksa”ku les bhs inggris ya 🤣 beliau mahir bhs belanda, inggris, jepang. jaman SD msh ngontrak di sidoarjo (ngelom, taman) kan tiap sabtu-ahad aku diajak bapak nginep di rumah eyang oma ini, nah tiap mlm disuruh hadir buat les bhs inggris, diabsen loh, kalo ketauan ga ikut bisa kena lirikan maut ala oma2 🤣
 
tapi aye ga pernah bolos, krn ga tau cara melarikan diri 🫠 pdhl byk spot buat melarikan diri yak wkwk. nah kamarku itu kan sebelahan sama bekas garasi, jadi kalo mau jeritan malam tinggal buka aja jendela kecil ala pembayaran kasir puskesmas di jendela kamarku 🤣 kamarku jg sebelahan sama kamar eyang oma, dan ada pintunya juga, jadi tiap malam enak2 tidur jd bete krn kipasku selalu dimatikan eyang oma, terbangun kan aku krn sumuk/gerah, krn eyang oma mesti ngomel “cucunya teman saya itu ya, ini loh, sampai tidak bisa merasakan kulitnya krn selalu pakai kipas diberhentikan, kamu jangan sampai seperti itu” ntar kalo eyang oma uda pergi tidur, kunyalakan lagi 🤣 kipasnya aku puter biar ga ngomel
 
kalo lorong yg sebelahan sama rumah tetangga (memanjang) itu ga ada atapnya ya, jadi pas SMP, aku minta duit bapak beli bola basket, anaknya PNS musti sabar nunggu duit kumpul baru bisa beli bola basket, taun segitu harganya 50rb apa 65rb ya lupa (taun 2000 apa 2001). jadi tiap sore aku main di lorong terbuka itu. nah paling depannya lorong itu pintu, bagian atas pintu masuk tuh gambar mulutnya buto 🤣 trs sama bapak dirobohin biar ada malaikat masuk, tapi alesan ke eyang oma “nanti roboh kena anak2 kecil pas keluar masuk” biar masuk akal, krn eyang oma dulu menyembah matahari ala orang2 jepang 🤭 pas mau meninggal alhamdulillah shalat n mempelajari islam melalui budheku
 
ruang keluarga itu adalah tempat dmn konflik antara eyang oma sama masku tiap malam 🤣 satunya ngotot nonton “dunia dlm berita” di TVRI, satunya ngotot Tazmanian Devil di SCTV . aku yg ngeliat pertengkaran itu cuman “healah mbuh 😌”. di situ ruangannya gelap gaes, di situlah tempat lukisan pada kumpul, yuk kumpul2 sini para jin 🤣 ya iyalah, lukisan mahkluk hidup sama patung, jelas jd tempat yg pewe buat jin, jaman aku SD, bapak pernah baca buku “Dialog dg Jin Muslim”, kutanya apa isinya krn wkt tu ga berani baca, katanya ya itu tadi, patung misalkan kepala doank aja dijadikan tempat buat jin, btw ada riwayatnya jg kan Malaikat Jibril ga mau masuk ketika ibu Aisyah pasang gorden bergambar
 
ini keterangannya “Dia (Aisyah) memasang tirai yang padanya terdapat gambar-gambar, maka Rasulullah masuk lalu mencabutnya. Dia berkata, “Maka saya memotong tirai tersebut lalu saya membuat dua bantal darinya.”
 
kalo punya boneka anak, hilangkan bagian matanya, atau masukkan dlm keranjang tertutup aja gaes
 
biar kalo malem ga nyisir tempat alias jalan2 sendiri 🤣
oke lanjut, jadi tempatku main inline skate tiap sore itu, mulai dari ruang santai, ruang keluarga, sampe ruang tamu, “penak temen uripmu je”, jare sopo ndoel 🤣 anggitmu omah gedhe isine ga konflik tok ta, akeh 🤣 aku aja baru bisa ilangin trauma masa lalu pas usia 27 th (9 tahun lalu). nah aku kalo kebelet pipis malem2 harusnya kan ke toilet yg ada di belakangnya kamar eyang oma ya (kugambar kotak kecil, lupa ga kutulisin KM). eh lupa donk namanya ngantuk, jadi aku keluar kamar, jalan kaki dulu ngelewati ruang keluarga, lewat lorong, baru ke kamar mandi umum (maksudnya siapa aja boleh pake). namanya ngantuk ya lupa ada yg deket wkwk
 
alhamdulillah ga ada yg minta salaman malem2 yak 🤣 tapi pas aku sekeluarga mudik, eyang oma ditemenin mbak tutik warung soto sama suaminya, ada kisah malam, wes ga usah dicritakno ndak jin e seneng soale dadi famous 🤣
pokoknya jangan coba2 nginep di situ ya gaes, kalo bukan keluarga sendiri 🤭
oke lanjut cerita ruangan. di belakang kamar eyang oma kutulis ruang jahit eyang oma, nah di sampingnya tu lemari kayu ukiran naga jawa, di dalemnya tersimpan keris2 koleksi eyang romo. alhamdulillah ga dibawa bapak, coz wes mesti ono jin e loh gaes isine
 
ga percoyo?
buktikno dewe, nek jin e menclok, aku ga melok2 🤣
 
makanya aku semenjak baca2 ttg ruqyah, rajin meruqyah diri dan keluargaku, krn bukan ga mgk jin nasab tu yg dulunya ngikut eyang2 kita krn ilmu kanuragan dsbnya pasti menclok ke anak cucunya, nah supaya aku sekeluarga ga kemenclokan ya rutin ruqyah, emang efeknya bisa punya indra keenam (pernah sih) cuman efeknya mudah emosi loh, ya kali kowe gumbul setan ga gampang emosi, opo maneh setan menungso, emosi tok wes nek jejer, eh 🫢 trs gampang mimpi binatang buas, mimpi pocong, mimpi pertanda, wes cukup enough tak lagi2 😌 mending ngikut jalan Rasulullah aja deh ya. oke lanjut wisata rumah hahaha. jadi seperti pd gambar, di belakang kamar mas, bapak ibu, ada KM (kamar mandi) 2 ya
 
itu ga ada septitanknya loh, jadi lgsg ke sungai, mak blung blung 🤣 ada yg pernah rasain ga? ada orang bersih2 sungai (agenda rutin orang sana) trs mendadak kebelet pup, terpaksa pup, orangnya marah krn ga sopan, diintip donk, jadi blm kelar wes lari dari kamar mandi. aku pernah 🤣 krn kamar mandi yg besar di kiri rumah tu ga ada toiletnya. adapun kamar mandi budhe n sepupu yg ada toiletnya digembok, ya kali gmn gua pakenya 😆 oke lanjuuuut.
jadi di rumah ini tuh dapur ada 3 ya, bekas dapur (kiri rumah) yg dijadikan gudang (pdhl luas banget loh, 2x3 meter kalo ga salah) krn uda ga dipake lagi, ada dapur eyang oma, juga dapur ibuku, aku kalo masak2 bantuin ibu ya di dapur ibuku (kanan rumah)
 
tapi jaman barusan pindah kesitu, ibu masih pake dapur eyang oma, nah jaman dulu kita kalo minum kan blm ada galon kek skrg gaes, jadi rebus air PDAM yg nandon dari kamar mandi deket kamar eyang oma, tiap malem nandon, paginya kita rebus buat air minum, trs isi botol2 di kulkas pake corong, biar bisa minum air es, meskipun terkadang ikut ngisi tapi ga ikutan minum, tuh air es raib kemana jg sering kok gaes, sabar wae lah, kan anak yg beriman dan bertaqwa kpd Allah 😌 jaman dulu ga terlalu mikir krn ya udahlah uda kebiasaan rebus air n isi air kulkas hehe. oiya, di sebelah kiri kolam renang tu lupa ga kugambar, ada tempat cuci piring, jadi kalo lebaran biasanya cuci piring di situ
 
tapi kalo piringnya banyak, ya ibuku bawa ember besar ke sebelah kolam renang, piring dicuci masukkan ember biar cepet kelar, ya kali gempor nyuci piring sebanyak itu sambil berdiri 😌 mending sambil jongkok kan gaes. yes, eyang oma adalah kakak tertua, otomatis adik2nya beserta anak cucu mereka berdatangan ke rumah ini, menyenangkan kalo masa itu dateng, maasyaaAllah 🥰 semua kumpul sambil makan sambil ngobrol, biasanya malem sblm acara, aku sama ibu nyiapin makanan n minuman dlm jumlah besar, nah tradisi di keluarga bapak tuh bungkus, jd ibu sediakan plastik kiloan biar pd bungkus pulangnya (buat yg mau bungkus), ntar kelar acara, aku sama ibu n masku cuci piring, beres2,
 
malemnya pulang ke klaten, krn bapak suka safar pas malem, lebih sepi, ga rame, tau2 pagi uda ada di kamar klaten aja (krn digendong bapak ke kamar tidur), pas uda agak gedhe ya masih dalem mobil krn kata bapak “yo badanmu wes berat, jalan sendiri” huwaaa huwaaa 😂 jaman dulu pake mobil minicab ya gaes, murah meriah, bagian kursi joknya diilangin sama bapak, ditaruh tiker ma kasur busa, buat tidur selonjoran aku sama mas tiap mudik, alhamdulillah
 
oiya lanjut wisata rumah 😁 jadi kolam renang tu jaman cucu2 eyang oma masih pada kecil, maupun cucu sepupu pd kumpul renang, pas uda besar uda ga muat 😆 jadi kadang dipake duduk2 aku sama mbak sepupu angkat. btw sebelah kolam ada pohon belimbing, cuman ga enaknya kalo diiris tuh belimbingnya ada uletnya 😂 makanya ga pernah makan belimbing aku, kalo mau itupun krn ibu yg kupas n uda buang uletnya 😂 kalo eyang oma ya dihaup aja katanya “vitamin”, tulung 😂
 
nah area yg kusapu dari daun2 tuh sekitaran kolam renang, krn eyang oma punya tanaman byk, so byk daun berguguran, tiap sore abis nyapu aku nyirami semua tanaman itu pake selamg, dulu pernah pake gembor sama ember disiram gayung ya gempor 😂 kdg tmn kalo sore ngajak main “bentar aku masih nyiram”, jadi kalo pagi nyapu ruang tamu, kamarku, kamar eyang oma, ruang keluarga. kalo sore nyapu n siram sekitaran kolam renang
 
kalo siang bantuin ibu masak, sibuk banget yak aku sejak kecil 🤣 maasyaaAllah. nah pas SMA aku kan pindah kamar ke bekas kamar ART yg kiri rumah (paling belakang, depannya septi tank). eh baca bagian ini jangan sambil makan ya gaes. coz mau cerita, tutup dulu aja, lanjut nanti kalo makannya uda selesai haha. jadi kalo kamar mandi sebelah dipake, tuh septitank pasti cur cur ngeluarin cairan kuning dan kecoa2 pada betebaran, pemandangan yg indah depan kamar ya gaes 🤣 ntar kalo kecoanya nyamperin kamarku tinggal slap aja sama sandal, beres 🫢 oiya ada cerita, pas lagi enak2 tidur siang di kamar (jelas kututup yak) kan aku gelang tali di pergelangan tangan kanan, nah pas tidur kok ada gelang
 
warnanya gelap (krn kamar kututup) kulihatin sambil mata msh ngantuk, “loh kok gerak” ternyata kluwing gaes 🤣 lgsg tak kipatno hahaha. ga kubunuh krn dia uda melungker, tinggal tendang aja beres. jadi di rumah eyang oma tuh cem kebun binatang, ada tikus tong2 (yg besar tuh), ada kadal, bekicot, kluwing, lintah, tokek, apalagi ya 🤔 pernah pas lagi enak ngobrol ma temen, eh tikus tong2 tarung sampe terbang tinggi, widiiih sangar 😆 oiya di bagian belakang ada bekas kandang kuda yg uda dibongkar jd tinggal tiangnya, mirip gazebo. temen2ku SD pernah kuajak ngumpul buat rujakan di situ, angin sepoi2 betapa lembutnya, maasyaaAllah. bawahnya kandang, byk pecahan pot, eyang oma kalo buang di situ
 
pernah aku kan mainan api di situ, eyang oma ngajarin bikin “kompor” mini pake pecahan pot2 itu, nah kupraktekkan lagi pas aku ada tugas kerajinan bikin ukiran dari lilin jaman SMP, jadi aku kumpulin lilin di kaleng bekas SKM, lilinnya aku rebus trs aku cetak di mangkok kecil, biar gampang bikin ukiran dari lilin, tinggal diukir pake silet. di bekas kandang kuda itu, bapak ngajak shalat berjamaah kita berempat kalo pas bulan Ramadhan, tapi kdg aku ikutan taraweh di masjid deket situ. oiya di sebelahnya kandang tuh ada pohon mangga, pohon pisang, pohon menungo, dan paling belakang jalan kaki dikit, ada bekas sumur uda ga terpakai, mgk yg blm terbiasa ya ngeri ya shalat di situ wkwk
 
soalnya demi hemat listrik, bapak kasih lampu cuma di beberapa spot aja, itupun 5 watt 🤣 alhamdulillah sejak di kontrakan ngelom, sidoarjo uda terbiasa duduk sendirian malem2 ma bapak kondisi gelap ya 😌 tidur jaman SD juga, semua lampu digelapin, meski minta dinyalain ya tetep dimatiin krn bapak suka tidur lampu gelap, baeklah aku anak baik 😌 jadi kebiasaan kan wkwk. jadi bayangin yak, rumah segedhe gaban tapi kalo malem suasana gelap 😆 btw jendela2 rumah tu seukuran tubuh manusia, jadi dulu aku hobi menek (naik) trs lompat dari jendela, krn lumayan rendah dan gedhe kan, kalo pas pintu ruang keluarga dikunci dan aku ada perlu masuk ke kamar depan,
 
caranya adalah buka jendela, jendela ditarik agak keras, uda kebuka, baru menek deh buat buka pintu, hahaha. asli suka aksi menek memenek 🤣 kalo menek pohon ogah yak, ntar rantingnya pada patah tak penek’i 🤣 takut ulet pula, aku histeris gaes kalo ada ulet dan sebangsanya, kalo sama kluwing enggak. makanya dulu saben enak2 nyapu daun, ada ulet ya lari kabur aku 😂 ga jadi nyapu hahaha. btw rumahnya kayaknya ukuran 20 x 40 meter ya gaes. asli aku dulu tuh ga paham kalo ukuran rumah tu besar, krn tinggal sejak SD sampe SMA, kukira rumah orang pada umumnya juga segitu. ngerasa wajar rumah sebesar itu. baru paham pas uda keluar (pindah) dari situ, baru nyadar “ooh berarti rumah itu besar ya” asli ga mbujuk loh aku gaes 😂
 
makanya aku dulu nggumun, heran, napa tiap temen yg main tuh bilang “ini rumahmu?”, aku “iya, ya secara tekhnis rumah mbahku lah”. “iya tapi kan km tinggal di sini?”, aku “iya”, “gedhe banget je, ga dikos-in?”, aku “enggak tuh” sambil ngebatin emang bagian mana yg dikontrakin. dulu jaman SMA, kalo ada acara di sekolah, pasti parkir sepeda motor di rumahku, biar gampang pulangnya, gampang ambil spd motor maksudnya, kata tmn yg lain “harusnya km tarik duit mereka tuh yg demen parkir” aku ketawa aja hahahaha 🤣
enaknya sih buat ngumpul temen byk emang muat sih. tiap pulang sekolah temen2 main PS di rumahku, jadi emang bapak suka beli console game (nintendo, sega, PS) biar kedua anaknya ga keluar
 
tapi gaes, di rumah besar itu pula, sejak usia 10 tahun, aku tahu karakter orang2 dewasa, melihat konflik orang2 dewasa, gumbul orang2 dewasa, jd mau ga mau pikiranku dipaksa dewasa, sempet stres sih krn ngerasa “temen2ku usia segini pada main, eh aku ngadepin konflik hampir tiap hari 😵‍💫” makanya dewasa sblm waktunya, jadi pas SMA temen2 pada curhat tuh aku ga kaget, krn uda hapal karakter manusia2 kek gimana. coba sejak SMP aku uda tau cara cari duit, uda keluar beneran dari situ aku 🤣 asli SMP punya cita2 pengen segera kerja, punya rumah, menjalani hidup dg enjoy dg bekerja dan pulang ke rumah, sayangnya enggak gt gaes haha. yaaah pelajaran hidup ya gaes, maasyaaAllah
 
itulah gaes, makanya jangan heran ya, orang kayak saya, tinggal di tempat seperti itu selama hampir 8 tahun sejak kecil sampe remaja, ngerasa terbiasa dg lingkungan yg dianggap horor ma sebagian besar orang, krn hari2 suasana rumah kek gitu wkwk. cuman jujur, kalo skrg aku kurang suka furniture kayu warna coklat gelap yg diplitur, dan nuansa klasik, krn aku suka suasana terang, ga suka gelap, bahkan piring maupun toilet aku suka warna terang, krn mempengaruhi suasana hati, warna terang membuatku ceria. mgk kalo kayunya itu warna light brown (coklat muda) ato warna putih, aku mau, kayak lemari yg dikasih mertua, aku minta suami ngecat jadi warna putih, krn ga suka warna gelap
 
btw aku pernah nginep di madiun, hotelnya uda tua emang, byk lukisan, guci besar, patung, aku biasa aja, cuman ga seneng aja krn identik dg jin, jelas banyak jinnya lah, wes paham 😌 musti mindset ga usah overthinking biar ga ngeri terus2an. trs jangan lupa baca doa yg kushare tadi ya, doa dilindungi dari gangguan jin sama doa masuk rumah. uda gt ya, eh pas mau tidur, suami malah bilang “dek, di lantai ini (lantai 5) yg nginep kita doank, kanan kiri kosong” asyem ga tuh, abis dia ngmg eh dia tidur 😌 bininya ini kalo tidur pagi pula, super hasyem deh
 
oiya aku pengen cerita kisah, yg mgk bisa kalian tiru ya. jadi bapakku tuh pernah, ketika bapaknya (kita cucunya manggil eyang romo) meninggal. malem2 bapakku duduk sendirian, muncul sosok persis bgt eyang romo, bapakku bilang “aku tau kamu bukan bapakku, pergi dari sini” dan sosok itu menghilang. nah pas eyang oma meninggal, uda hari keberapa, semua orang lagi di pelataran depan (warung soto mbak tutik). aku sendirian kan mau ke depan, dari arah belakang aku tuh. muncul suara dari pintu kamarku, dan iramanya persis bgt kayak kalo eyang oma lagi buka tutup pintuku, maksudku niru bapak, aku mbatin “aku tau kamu bukan eyangku, jangan bikin suara” trs suara itu berhenti, lalu aku?
 
lari ngibrit donk, mumpung belum ada kejadian susulan, gile lu ndro 😂 senormal2nya gue, ya tetep rasa ngeri lah ada tak kasat mata, kan ga bisa ditonjok langsung, iya kalo bisa di tae kwon do mah enak kan yak 😂 lah jelas kalah set donk, orang dia ga nampak 😂
 
btw itu bisa kalian tiru yak kalo diganggu, cuman kalo sampe kalian jg bisa ngeliat, berarti dlm diri kalian ada jinnya 🤣 itu yg kupelajari di ilmu ruqyah, makanya aku hobi meruqyah diri, supaya ga denger2 gt lagi, biar jin dlm diri lepas, begonoh
 
 
 

 
This entry was posted in

0 comments: