Kisahku dengan Rumah Eyang part 1

 

sebenernya ini kutulis di story wa jam 3 pagi (16 November 2022) setelah baca status yg dishare mbak Ika sama mbak Aisyah 🤭

tapi temen2 pada tertarik buat baca
jadi aku share juga di status fbku yak 😁
sekalian aku simpen jg di album aja deh wkwk
 
jadi setelah baca status yg dishare itu
ya Allah aku ngakak 🤣
 
bukan apa2, aku baru sadar,
mgk itu yg dirasakan temen2ku tiap main ke rumah jaman aku masih SD sampe SMA 😂
 
maapkan daku yak temen2, asli aku dulu ga paham perasaan kalian, baru paham pas baca kisah itu, ceritanya ttg dia nginep hotel tapi cuman 15 menit doank krn hawanya ga enak bgt. akhirnya dia bisa escape dari situ 🤣
 
btw tahun 1996 ketika aku kelas 4 SD, aku pindah ke rumah mbah dari pihak bapak, mbah laki (biasa kami panggil eyang romo) uda meninggal, jadi tinggal eyang oma (panggilan buat mbahku perempuan), aku tinggal di situ sampai kelas 2 SMA tahun 2003
 
rumah itu rumah londo (belanda), dan besarnya ga kira2, teras depan aja muat berapa mobil ya, pokoknya kalo lebaran, mobil semua sodara2 eyang bisa parkir, alhamdulillah, ruang tamu aja bisa kupake buat main inline skate wkwk
 
kamar? kamar yg kuhuni (setelah pakdheku nomer 5 meninggal) tu muat 2 kasur dg ukuran 2 x 1,5 meter dan masih sisa tempat buat gegoleran badan dilurusin sama buat shalat, pokok e nek pok ami2 temen sekelas masih muat lah wkwk
 
ruang tamu, ruang belakang, ruang belakang lagi, wes embuh pokok e ombo bgt 😆 cuman, ada cumannya loh 😁
 
di bagian ruang TV ada lukisan besar seukuran 1 meter kayaknya, gambar gatotkaca pegang naga di lautan, satu lagi gambar orang brewokan cem jaman majapahit gt deh, pegang ular sambil teriak di laut gt pokok e, ada lukisan 3 buyutku. yg 1 ukuran gedhe, yg 2 ukuran biasa. lemari kayu ukiran naga jawa, patung garuda manusia (aku nyebutnya gt), patung apalagi ya, wes pokok e ada bbrpa. trs cem tombak ma payung yg jaman dulu biasanya dibuat dekorasi orang nikahan tahun 1980an tuh (aku taunya pas liat foto nikahan sodara2 bapak). trs ada jam besar seukuran manusia (jam apa ya nyebutnya) yg tiap jam 12 malam tuh bunyi ding dong ding dong
 
kamar mandi? 4-5 orang dewasa bisa nyemplung bak mandinya 😆
 
tiap temen main kesitu mesti cengengesan “loh je, kok lebih gedhe kamar mandimu ketimbang kamarmu?” ngakak donk aku haha.
jadi pas kls 4 aku kan nempatin kamarnya pakdhe, krn pakdhe uda meninggal, kita pindah kesitu buat nemenin eyang oma, nah otomatis kamar pakdhe kosong donk, bapak ibuku n masku nempatin kamar belakang. krn kosong, aku tempatin sendirian. sendirian? iyes sendirian. alhamdulillah sejak kecil bapak mendidikku n masku supaya ga takut gangguan jin, dan mgk turunan dari bapak yg super tatag yak, jd tidur situ sendirian it’s okay walo pernah diketuk jam 12 mlm, kubuka pintu ga ada orang 😆🤣 balik tidur lagi deh, mgk jinnya nyuruh aku tidur haha. lah kelas 5 jam 12 masih buka buku
 
pas kejadian sih ada masku n sepupuku yg uda tidur duluan di situ (biasanya ga pernah tidur situ, entah malam tu mereka tidur situ). pikirku, ya wes lah ya, mumpung durung aku diketuk lagi, tidur ae wes 😌
 
pas SMA aku uda ga tidur situ lagi, lupa aku alesannya apa, pokoknya aku pindah kamar belakang yg ukurannya lebih kecil dibanding kamar depan, dulu ditempatin pembantunya eyang, krn mereka uda pada nikah, jadi kosong, ya kutempatin haha. lokasinya bersebelahan sama kamar mandi yg luas itu, makanya dibanding2ke sama temen2ku 😂 kok lebih luas kamar mandinya ketimbang kamarku 🤣 uda gt biasanya pada takut kalo pipis krn mereka ga terbiasa kamar mandi luas, mesti ngajak temen berdua wkwk
 
oiya ada kolam renangnya juga, tapi jangan dibayangin kolam renang mewah kyk jaman skrg 😅 jadi eyang oma tu bikin kolam biar cucu2nya kalo kumpul pada renang, jadi dibikin dari semen gt, dicat biru, cukup buat renang cucu2 eyang kalo lagi pd kumpul, tapi pas uda gedhe ya uda ga cukup donk wkwk, agak ke belakang ada bekas kandang kuda, yups, eyang dulu punya kuda, entah 1 apa 2 ekor ya lupa, nah saat tu bekas kandang kudanya dibongkar, jadi kayak gazebo gt, jaman puasa ramadhan, bapak ngajak shalat tarawih berjamaah di situ. di belakangnya lagi ada pohon mangga, pohon pisang, pohon menungo (sirsat mgk ya bhs Indonya), nah temen2 kalo ngeliat dari kejauhan uda berasa serem, lah gua kagak 😂
 
ya gimana serem, nah tiap sore abis nyapu pekarangan, buang sampah daun di situ, piya ada bekas sumur juga, kata temen2 uda mirip syuting film sadako, hasyem lu pada 😂
 
mana kalo malam tuh bapak cuman nyalain lampu 1 biji buat penerangan, biar hemat katanya, rumah segedhe itu, takut bayar listriknya mahal, bapak cuman PNS doank lah yaw 😂 alhamdulillah kedua anaknya ini wes biasa 😌 temen SMP pernah ngerjain tugas sampe malem di rumah, katanya mirip game Silent Hill donk 🤣 krn gelap2 serba ga jelas. tapi krn kita penghuni rumah uda hapal ya jalan ae wes. cerita horor lain? hmm, kata bokap sih, ga usah cerita krn nanti jin malah kesenengen kalo kita ceritain mereka
 
walaupun tadi uda cerita 1 ya hahaha.
intinya, krn sejak kecil bapak ngajarin aku ilmu agama, ttg Rasulullah, trs kasih tau jangan takut jin krn kita lebih mulia dari mereka, jadi jangan takut ya. oiya pas taun 2014 juga sejak kenal sunnah, qodarullah mempelajari ilmu ruqyah sedikit, minimal bisa ruqyah mandiri. trs juga ada bacaan doa dari Rasulullah kalo kita singgah ke tempat baru ya, supaya ga diganggu jin. ini aku share ya
 
(cerita lanjut ke part 2)
 
ini bacaan doanya, kalo pengen tau tulisan arabnya, di foto selanjutnya

ini ya gaes, jadi ini bacaan dzikir pagi-petang yg biasa kalian baca tiap hari

nah kalo ini misal kita buka kunci pintu rumah ato masuk kamar hotel, jangan lupa baca doa ini. ini bacaan tahiyat shalat ya gaes, biar ga ada yg “ikutan masuk”

 
This entry was posted in

0 comments: